Minggu, 12 April 2009

TERTANAM (BELONGING) By: Sherly Sharon


Tuhan pernah berkata “tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja…” kita di bentuk untuk bersekutu…, memiliki keluarga rohani, mengapa ? Karena tidak seorangpun dapat atau bila memenuhi tujuan-tujuan Alla secara sendirian.

Alkitab tidak mengenal adanya “petapa rohani” yang hidupnya terpisah dari orang-orang percaya lainnya melainkan kita merupakan satu tubuh. Paulus mengatakan. “menjadi anggota gereja adalah menjadi organ penting dari suatu tubuh yang hidup.

Agar organ tersebut hidup – memenuhi tujuannya organ itu harus di hubungkan oleh tubuh. Jika sebuah organ dipisahkan dari tubuhnya maka organ itu akan melemah dan mati. (Organ tidak bisa hidup dari dirinya sendiri).

Demikian juga kita jika terpisah dari gereja maka kita tidak bertumbuh , rohani kita akan melemah dan mati.

Yesus berkata, “…di luar Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa” = mati.

Gejala-gejala orang yang akan mengalami kematian rohani:

  1. Tidak teratur mulai mundur untuk menghadiri ibadah (ada banyak alasan, tentunya yang tidak perlu)
  2. Meremehkan gereja (saya tidak membutuhkan gereja), orang semacam ini adalah orang yang sombong dan bodoh

Gereja begitu penting, (mengapa Yesus mati ?) karena Ia mengasihi jemaatNya

  1. Mengeluh tentang gereja

Banyak orang Kristen memanfaatkan gereja tetapi tidak mengasihinya = belonging

Kita butuh gereja, sebagai tempat dimana keluarga rohani ada, mengapa ?

  1. Gereja mengeluarkan kita dari keterasingan untuk memenangkan diri sendiri, gereja merupakan ruang kelas untuk kita bisa belajar. Bagaimana bergaul didalam keluarga Allah. Ini Laboratorium kasih kita = FirmanNya kasihilah. Tuhan ajarkan “dengar firman di tanah yang subur”
  2. Gereja membantu kita untuk mengembangkan otot-otot rohani kita, tidak hanya membutuhkan Alkitab untuk bertumbuh, kita memerlukan orang-orang percaya lainnya untuk bertumbuh dengan cepat dan kuat.

Di gereja otot rohani kita dibutuhkan untuk :

    1. menampuni
    2. melayani
    3. memberi / kesetiaan
    4. mendoakan
    5. menguatkan satu sama lain
  1. Gereja membantu kita untuk menjaga dari kemunduran rohani, tidak satupun dari kita kebal terhadap pencobaan (dalam situasi apapun, kita bisa berbuat dosa). Allah tahu akan hal ini oleh sebab itu Allah mau kita tetap berada di jalurnya.

Iblis suka dengan orang-orang percaya yang mundur yang memisahkan diri dari kehidupan tubuh. Kita terpisah dengan keluarga Allah. Dan tidak memiliki tanggung jawab terhadap sesama dan pemimpin rohani.

Kita dipanggil untuk terlibat dalam kehidupan orang percaya lainny. Jika Saudara kita ada yang hidupnya mulai menyimpang maka menjadi anggung jawab kita untuk membawanya kembali kepada Tuhan melalui persekutuan.

Saat Yesus ada di bumi, Dia memakai tubuhNya untuk bekerja, sekarang Dia bekerja melalui tubuh rohaniNya = siapa ? (saudara semua) ini adalah hak istimewa yang diberikan kepada kita. Kita jadi tanganNya, kakiNya, mataNya, hatiNya dan kita = tubuhNya.

Semua yang datang ke gereja belum tentu anggota gereja, orang yang hadir = konsumen karena mereka hanya menerima manfaat-manfaat dari senuah gereja tanpa pernah berbagi tanggung jawab. (Seperti seorang ingin hidup bersama tetapi tidak ingin terikat dalam pernihakan yang kudus).

Dan sekarang pertanyaan saya adalah : Mengapa ada orang-orang yang tidak berkomitman pada sebuah gereja ?

Jawabannya sederhana sekali karena mereka mencari orang yang sempurna, yang ideal. Kita hanya akan menghabiskan waktu kita jika kita mencari gereja yang sempurna, karena kita tidak akan pernah menemukannya. Alkitab mengatakan bahwa kita dpanggil untuk mencari yang tidak sempurna agar kita mengasihinya.

Dan ini adalah bagian kita…untuk tetap tinggal di Yerusalem rohani…dan pastikan hidupmu tidak pernah sama sekali…God Bless…

SHERLY SHARON GUNAWAN :

Istri dari Brother Paul – Youth Pastor Youthshakers Ministry, bekerja sebagai perawat medis bagian ibu dan anak di Rumah Sakit Dirgahayu – Samarinda.

Sebagai pembicara di youth community, dan berbagai seminar-seminar. Bersama dengan Brother Paul dan seorang putrid Chesylia Sharon Gunawan saat ini pelayanan di Gereja Bethany Indonesia - Samarinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Terbaru

Translate To Your Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified